Usaha kedai makan Sunarti warga Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun terus berkembang setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk.

Sunarti menceritakan dulunya usaha kedai makan yang dijalankan tidak seperti sekarang. Tempat usahanya juga sederhana bahkan belum ada tempat untuk pelanggan yang makan di tempat.

Menurutnya, tempat usahanya dulu hanya menggunakan satu meja dengan atap seng dan daun rumbia. Namun seiring banyaknya pelanggan, Ia berniat untuk bisa mengembangkan tempat usahanya.

Namun dirinya terkendala dengan modal, sehingga keinginannya belum terealisasi. Ia bahkan beberapa kali pernah mecari informasi tentang pinjaman modal namun belum ada yang sesuai dengan dirinya.

"Tempat usaha dulu belum seperti ini, Hanya ada meja untuk tempat meletakkan makanan dan dagangan. Hal iini karena enggak ada modal untuk memperbaikinya." kata Sunarti.

Dengan semangat dan kerja kerasnya untuk mendapatkan informasi tentang pinjaman modal, Ia bersyukur mendapatkan informasi tentang program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) PT Timah Tbk sehingga dirinya berencana untuk memanfaatkan program ini.

"Pas tahu ada program PUMK PT Timah Tbk saya langsung tertarik karena saya rasa memang ini program untuk UMKM dan banyak kemudahan. Syukurnya usulan pinjaman saya disetujui," katanya.

Setelah mendapatkan suntikan modal dari program PUMK PT Timah Sunarti perlahan lahan memperbaiki dan membangun tempat usahanya. Tak heran setelah diperbaiki para pelanggannya semakin nyaman dan betah untuk makan di kedai makan miliknya.

Hal ini juga berimbas pada peningkatan omset rumah makan Sunarti, sehingga sekarang dirinya bisa memiliki tempat usaha yang layak dan semakin berkembang.

"Saya merasakan betul manfaat program PUMK PT Timah Tbk ini karena banyak sekali kemudahan yang diberikan. Selain itu memang modalnya itu bisa kita gunakan langsung untuk usaha karena cicilan baru dimulai di bulan ketiga setelah pencairan," ceritanya.

Ia berharap, program ini dapat terus berlanjut sehingga semakin banyak UMKM yang bisa memanfaatkan program ini untuk membantu mereka dalam mengembangkan usahanya.

"Saya berencana untuk kembali memanfaatkan program PUMK PT Timah Tbk ini untuk mengembangkan usaha lagi. Selain itu masyarakat di Pulau Kundur ini berharap dapat ikut memanfaatkan program ini karena memang cukup berpihak kepada para pelaku usaha kecil," tandasnya.

Pewarta: Humas PT Timah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023