Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan anggaran Rp1,7 miliar untuk membantu pembelian peralatan tangkap bagi nelayan kecil untuk meningkatkan hasil tangkapan mereka.

"Bantuan anggaran bagi nelayan kecil ini diharapkan dapat mendorong peningkatan hasil tangkapan mereka," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Penyediaan anggaran sebesar Rp1,7 miliar tersebut, kata dia, juga dalam rangka realisasi program pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Bantuan tersebut diberikan kepada nelayan kecil atau mereka yang memiliki peralatan tangkap terbatas dan juga perahu berukuran kecil yang tergabung dalam kelompok," katanya.

Bantuan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan nelayan yang sudah mereka ajukan sebelumnya untuk keperluan melaut.

"Ada sebanyak lima kelompok usaha bersama yang mendapatkan bantuan anggaran untuk membeli peralatan tangkap tersebut dan kami berharap dapat mendorong peningkatan hasil tangkapan mereka yang pada akhirnya nanti dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan," ujarnya.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan Bangka Tengah Triono AK mengatakan nelayan kecil yang mendapatkan bantuan anggaran tersebut sudah berdasarkan hasil verifikasi kelayakan untuk dibantu.

"Ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan bantuan yaitu berdomisili di Bangka Tengah, tergabung dalam kelompok yang aktif, memiliki kartu nelayan dan mengajukan administrasi atau proposal permintaan bantuan," katanya.

Ia mengatakan bantuan itu sebagai stimulus agar para nelayan lebih bersemangat dalam menangkap ikan.

"Bantuan terhadap para nelayan memang selalu kita berikan dan itu disesuaikan dengan permintaan atau kebutuhan setiap nelayan, karena masing-masing mereka tentu memiliki kebutuhan yang berbeda," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023