Koba (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh meminta para penyuluh pertanian lapangan (PPL) melakukan pembinaan lebih serius terhadap petani lada di daerah itu.

"PPL harus mendampingi dan membina para petani lada di daerah ini agar mereka bisa berkembang dan mampu meningkatkan produksi," ujarnya di Koba, Kamis (26/5).

Ia menjelaskan, selama ini para petani lada di daerah itu selalu mengeluhkan penyakit kuning yang menggerogoki daun lada siap panen.

"Penyakit kuning tersebut bisa mengancam tanaman lada dan produksinya, maka dibutuhkan PPL sebagai pendamping para petani untuk menanam lada yang baik," ujarnya.

Ia mengatakan, PPL harus sungguh-sungguh mendamping para petani mulai dari pembibitan, pemiliharaan hingga masa panen lada.

"Para PPL harus menuntun, membimbing dan melatih petani lada sehingga mereka benar-benar mengerti bagaimana cara menanam lada yang baik," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya bimbingan dari PPL tentu petani lada memiliki ilmu terkait pola menanam lada yang baik dan cepat panen serta mampu meningkatkan produksi.

"Peran PPL sangat menentukan untuk mengubah cara pikir petani dan cara menanam lada yang baik. Jika pola tanam baik, tentu hasilnya juga akan memuaskan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016