Pengurus DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak seluruh pemuda di daerah itu ikut berperan aktif dalam menjaga situasi keamanan dan kenyamanan tetap terjaga kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini kami mengajak para pemuda Babel menjaga persatuan dan kesatuan agar jangan sampai terpecah belah oleh berbagai isu yang tidak benar yang berkembang selama pemilu," kata Ketua DPD KNPI Provinsi Babel Remil Yanus Salalima di Pangkalpinang, Sabtu.

Sebagai generasi penerus yang berilmu dan berbudi pekerti, diharapkan para pemuda selalu melengkapi diri dengan banyak literasi dari berbagai sumber agar tidak mudah termakan isu yang tidak benar yang berkembang di masyarakat.

Para pemuda perlu membekal diri dengan kemampuan dan kemauan melakukan pemeriksaan silang berbagai isu yang berkembang dan mau belajar dari sejarah besar bangsa dan negara.

Baca juga: Ketua DPRD Belitung: Pemuda penentu kualitas Pemilu 2024
 
Ia mengatakan para pemuda harus memahami sejarah di mana momentum Sumpah Pemuda menjadi awal dari semangat persatuan kesatuan bangsa lahir.

"Jika dahulu saat bicara pemuda di wilayah masing-masing-masing dikenal dengan Jong Java, Jong Sumatera, sekarang pemuda menjadi ujung tombak pembangunan bangsa," ujarnya.

Menurut dia, sejauh ini semangat pemuda di Babel sudah sangat baik dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, namun perlu dukungan yang lebih besar lagi dari para pengambilan kebijakan.

Menurut dia, jika semangat para pemuda tidak didukung kebijakan pemerintah nanti saat pemuda ingin membuat kegiatan tidak diakomodir akhirnya menjadi kegiatan yang liar.

"Kita yakin pemuda di Babel adalah generasi penerus yang baik dan yang bisa menjaga kondusifitas, meskipun demikian dukungan pemerintah daerah tetap kita butuhkan," katanya.

Baca juga: Memuliakan Bahasa Indonesia, buah warisan Sumpah Pemuda

Sementara itu, Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombong juga mengajak para pemuda untuk bersinergi bersama masyarakat dalam mempertahankan dan memelihara kondusifitas di daerah.

"Hari sumpah pemuda adalah momentum agar kita betul-betul bersinergi dengan masyarakat untuk mempertahankan dan memelihara kondusifitas wilayah dan berusaha bekerja optimal untuk bangsa dan negara ini," kata Kapolda.

Ketua DPRD Provinsi Babel Herman Suhadi juga mengharapkan semangat para pemuda agar bisa terus terbangun agar dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Spirit para pemuda sangat luar biasa, ide, kreasi dan inovasi selalu berkembang sesuai kebutuhan zaman, oleh karena itu pemerintah daerah harus terus mendukung pemuda agar bersama-sama membangun Babel," ujarnya.

Baca juga: KNPI Belitung ajak pemuda sukseskan Pemilu 2024

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023