Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengikuti Event Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Selatan (Sumsel) EXPO tahun 2023 yang di gelar oleh Pemerintah Sumatera Selatan. 

Bertempat di PSCC Palembang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengutus dan sekaligus mendampingi dua pelaku usaha binaannya dalam event Kadin Sumsel EXPO tahun 2023 di Palembang Sport and Convention Center di Kota Palembang, yang pelaksanaanya berlangsung selama 3 hari, yaitu 27 hingga 29 Oktober 2023.

Dalam acara tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tarmin memberikan apresiasi terhadap kegiatan event Kadin Sumsel EXPO tahun 2023 yang diadakan oleh pemerintah Provinsi Sumsel.

Tarmin juga mengucapkan terimakasih karena dalam ajang ini, Pemerintah Provinsi Babel melalui dinasnya bisa mempromosikan sektor unggulan yang ada di Babel. 

Dalam pelaksanaan pameran event Kadin Sumsel EXPO tahun 2023 ini, menjadi ajang kegiatan promosi perdagangan yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Oleh kerenanya Disperindag Provinsi Babel telah mengutus dua pelaku usaha yang memiliki produk unggulan yang mewakili Babel.

"Kita ada dua pelaku usaha yang diikutkan, dari binaan dinas kita. Produknya berupa hasil perikanan, lada putih dan kue kembang goyang, dan hasil UMKM," ujarnya.

Oleh sebab itu Ia berharap, dengan keikutsertaan pelaku usaha UMKM Babel ke Kadin Sumsel EXPO tahun 2023 Ini, Pemerintah Provinsi Babel melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan   Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat mengenalkan produk unggulannya secara luas, sehingga dapat membantu meningkatkan ekonomi UMKM dan IKM di Babel, melalui sektor unggulan UMKM, yang mana  sebagai salah satu penggerak ekonomi Babel.

Sementara itu, Novirawati Subbkor Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Disperindag Provinsi Babel menjelaskan Event Kadin Sumsel EXPO tahun 2023, Dinasnya mewakili Babel ada dua UMKM, yaitu UMKM “Usaha Pak Umar” dan UMKM “Usaha Ahliya”, yang mana kedua pelaku usaha ini menjual produk olahan perikanan, lada putih siap pakai dan kue kembang goyang khas Bangka.

Selain membawa produk mereka masing-masing, lajut Novi. Kedua UMKM tersebut juga membawa produk UMKM Kabupaten Bangka yang telah titipkan ke mereka untuk di promosikan dalam ajang Kadin Sumsel EXPO tahun 2023.

Mengusung tema “Business, Investment and Charities”,  Event Kadin Sumsel EXPO tahun 2023 di buka oleh Pj. Gubernur Provinsi Sumatera Selatan Agus Fatoni, yang sebelumnya diawali dengan kata sambutan Ketua Kadin Sumsel H. Affandi Udji.  

Event besar dan sukses dalam pelaksanaannya memamerkan produk unggulan dari berbagai sektor industri, seperti perindustrian, perdagangan, dan pariwisata. Expo ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis lokal untuk memperluas jaringan, meningkatkan penjualan, dan menjalin kerja sama dengan mitra bisnis potensial.

Selain itu, Expo ini juga menjadi ajang bagi para pengusaha UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk mempromosikan produk-produk mereka dan meningkatkan eksposur di tingkat nasional yang di hadiri oleh sejumlah peserta dan pelaku bisnis terkemuka.

Beberapa di antaranya adalah perwakilan dari sektor perbankan, perusahaan konstruksi, perhotelan BUMN/ BUMD/ BUMS, perusahaan real estate, perusahaan migas, perusahaan pertambangan, perusahaan perkebunan, perusahaan industri kelautan, perusahaan perdagangan e-commerce, dan kuliner.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023