Polisi Resor (Polres) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar deklarasi pemilu damai guna mendukung kesuksesan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kita bersama dengan unsur TNI, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan partai politik peserta Pemilu 2024 telah menggelar deklarasi pemilu damai dan menyepakati untuk bersama-sama menciptakan suasana damai dan nyaman selama pelaksanaan pesta demokrasi," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Senin.

Deklarasi damai tersebut ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan oleh sejumlah pejabat di lingkungan Kabupaten Bangka Barat, yaitu Bupati, Ketua DPRD Kabupaten, Kapolres, Komandan Kodim 0431, Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Bangka Barat.

"Deklarasi pemilu damai yang diadakan tadi merupakan komitmen bersama agar pesta demokrasi 2024 berjalan dengan aman, lancar, nyaman dan demokratis," katanya.

Menurut dia, deklarasi dan komitmen dari seluruh pihak bersama dengan penyelenggara, pengawas dan peserta pemilu perlu mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat agar pemilu berjalan damai sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga: Polda Babel bersama pemuka agama serta tokoh masyarakat deklarasi pemilu damai

"Menciptakan pemilu damai merupakan komitmen bersama dan perlu dukungan penuh dari masyarakat agar bisa terselenggara dengan baik sehingga masyarakat juga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari seperti biasanya," katanya.

Ia juga meminta seluruh pihak untuk bisa bekerja sama dan bergotong royong bersama menjaga situasi aman dan tertib di wilayah Bangka Barat.

Dengan pelaksanaan pemilu yang berjalan damai dan kondusif diharapkan aktivitas masyarakat tidak terganggu sehingga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan aman, nyaman dan produktif.

"Kita harap masyarakat ikut berperan dan mengawal Pemilu 2024 bersama TNI/Polri, semoga Pemilu 2024 berjalan lancar seperti yang kita harapkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023