PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah (UIW) Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan 10 komputer kepada SMP Negeri 1 Mentok, Kabupaten Bangka Barat sebagai bentuk kepedulian dalam peningkatan kualitas pendidikan.

"Bantuan ini merupakan tanggung jawab sosial PLN, kami harapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kemajuan laboratorium teknik informasi dan komputer ini bisa bermanfaat untuk sekolah dan para siswa," kata General Manajer PLN UIW Babel Ferli Carli di Mentok, Kamis.

Dia menjelaskan bantuan kepada pihak sekolah itu juga sebagai bentuk kepedulian dan dukungan PLN terhadap program pemerintah dalam meningkatkan pendidikan anak bangsa.

"Program ini bentuk kehadiran PLN untuk memberikan siswa siswi agar dapat menggunakan teknologi informatika berupa komputer atau perangkat lainnya. Hal ini kami lakukan karena tuntutan generasi muda untuk menguasai informatika sangat tinggi, termasuk di dunia kuliah maupun di dunia kerja," katanya.

Ia berharap, bantuan program tanggung jawab sosial dan lingkungan dari PLN bisa meningkatkan pengetahuan siswa siswi dalam mengoperasikan komputer serta meningkatkan pelaksanaan pendidikan berbasis komputer di SMP Negeri 1 Mentok.

Bupati Bangka Barat Sukirman memberikan apresiasi kepada PLN UIW Babel yang telah banyak membantu kemajuan pendidikan di daerah itu.

"Hari ini kita menerima bantuan 10 unit komputer untuk meningkatkan sarana pendidikan dan prasarana laboratorium teknik informasi komputer (TIK) serta jaringan internet," katanya.

Bantuan ini dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pendidikan serta meningkatkan semangat belajar peserta didik melalui akses layanan pembelajaran berbasis digital.

"Saya berharap agar bantuan fasilitas yang baik ini dapat dijaga, dipelihara dan dimanfaatkan secara optimal dalam menyukseskan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan program-program pendidikan nasional," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat Rukiman mengatakan bantuan ini bisa membawa manfaat bagi anak-anak karena pendidikan sekarang berbasis pendidikan fungsi.

"Sebelumnya SMP Negeri 1 Mentok sudah mempunyai 10 unit PC, 25 laptop, dan hari ini mendapat bantuan 10 unit PC dan jaringan internet dari PLN, ini tentu akan memotivasi anak-anak untuk terus belajar di bidang teknologi dan informasi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023