Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan sebanyak 404 orang calon legislatif dalam daftar calon tetap (DCT) peserta Pemilu 2024.

"Dari sebanyak 404 calon legislatif (caleg) yang kami tetapkan dalam daftar calon sementara, seluruhnya memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2024. Hari ini sudah kami tetapkan dalam daftar calon tetap (DCT) untuk menjadi peserta pemilihan legislatif tingkat kabupaten pada Pemilu 14 Februari 2024," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Kadir Jailani di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan sebanyak 404 orang tersebut merupakan caleg dari 18 partai politik peserta Pemilu 2024 yang terdiri atas 153 perempuan (38 persen) dan 251 laki-laki (62 persen).

Seluruh caleg tersebut telah memenuhi syarat administrasi melalui tahapan verifikasi dan validasi ketat yang dilakukan para petugas penyelenggara, bahkan penyelenggara telah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan masukan terkait pencalonan itu, katanya.

"Kita sudah memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan pencermatan terhadap bakal calon legislatif yang telah ditetapkan dalam DCS Pemilu 2024, namun selama tahapan itu diberikan tidak ada masukan," katanya.

Selain menetapkan DCT, KPU Kabupaten Bangka Barat telah melakukan validasi contoh surat suara yang akan digunakan pada pemilihan anggota DPRD kabupaten setempat kepada seluruh pengurus partai politik.

"Validasi ini kami maksudkan agar nama, nomor urut, foto, dan pencantuman gelar pendidikan atau gelar adat sesuai dengan yang diusulkan parpol," katanya.

Pada Pemilu 2024, para pemilih di Kabupaten Bangka Barat akan memilih untuk menentukan 30 orang anggota DPRD kabupaten yang berasal dari empat daerah pemilihan (dapil), yaitu Dapil 1 (Kecamatan Mentok) delapan orang, Dapil 2 (Simpangteritip) lima orang, Dapil 3 (Jebus-Parittiga) delapan orang, dan Dapil 4 (Kelapa-Tempilang) sembilan orang.

Jumlah anggota DPRD Kabupaten Bangka Barat pada Pemilu 2024 bertambah lima orang menjadi 30 dibandingkan Pemilu 2019 karena terjadi pertambahan jumlah penduduk lebih dari 200.000 orang.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023