Komisi Pemilihan Umum Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima 13 ribu lebih kabel ties atau tali ikat kotak suara dari KPU RI.

"Tercatat 13 ribu lebih kami mendapat pasokan kabel ties untuk tali kotak suara pada Pemilu 2024," kata Ketua KPU Bangka, M Hasan di Sungailiat, Sabtu.

Belasan ribu tali ikan ikat tersebut, papar dia, digunakan untuk 4.571 kotak suara atau setiap kotak membutuhkan tiga tali ikat.

Hanya saja, kata dia, tali ikat kotak suara sebanyak itu tidak ada cadangan sehingga membutuhkan kehati-hatian saat mengikat kotak suara usai pemilihan di tempat pemungutan suara.

"Sedangkan bilik suara yang kami terima sebanyak 3.644 bilik. Kotak suara dan bilik suara saat ini disimpan di gudang dengan mendapat pengamanan ketat dari kepolisian," jelasnya.

Selain belasan ribu kabel ties, kata M Hasan, KPU Bangka sudah memperoleh pasokan ribuan lembar segel, sedangkan tinta masih dalam proses pengiriman jasa ekspedisi.

Meskipun hanya kotak suara hanya diikat, ujar dia, tetap terjamin keamanan dan kerahasiaan karena sebelumnya sudah dilakukan proses uji oleh pihak pemenang tender.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat, baik di perkotaan maupun masyarakat di desa ikut menyukseskan semua tahapan pemilu sehingga pesta demokrasi 2024 berjalan aman, tertib, dan damai," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023