Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng tokoh agama di daerah itu menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

"Kami menggandeng tokoh agama yang berada di Belitung Timur untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024," kata Anggota Bawaslu Belitung Timur Ihsan Jaya di Manggar, Sabtu.

Menurut dia, para ulama dan tokoh tokoh agama memiliki pengaruh yang besar di tengah-tengah masyarakat salah satunya adalah dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Peran tokoh agama juga diharapkan dapat mencegah terjadinya pelanggaran pemilu  selama berlangsungnya tahapan masa kampanye yang akan dimulai dalam waktu dekat.

"Karena peran ulama ini suaranya sangat didengar oleh seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Disampaikan keberadaan dan peran tokoh agama dapat memberikan gambaran kepada masyarakat tentang larangan dan hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam di Pemilu 2024.

"Misalnya terkait dengan larangan politik uang, hal ini bisa disampaikan kepada para peserta pemilu dan masyarakat bahwa itu dilarang secara ketentuan," katanya.

Dengan demikian, peran ulama dan tokoh agama dapat membantu Bawaslu Belitung Timur menyampaikan pesan larangan dan pelanggaran pemilu kepada partai politik peserta Pemilu 2024 serta masyarakat luas.

"Sehingga kami menilai bahwa peran ulama dan tokoh agama ini sangat penting dalam mewujudkan pemilu yang berkualitas, damai, tanpa politik uang, dan SARA," ujarnya. 

Sementara salah satu tokoh agama Belitung Timur, Suyanto Taslim di Manggar Sabtu mengatakan dirinya bersama ulama dan tokoh agama lainnya di daerah itu siap menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Pihaknya siap mendukung Bawaslu Belitung Timur dalam menyampaikan pesan, imbauan, dan larangan pemilu kepada masyarakat. 

Hal ini dilakukan agar pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang dapat berjalan sesuai aturan.

"Kami sangat berharap pemilu bisa terselenggara dengan suasana damai, rukun dan hasilnya nanti bisa dinikmati untuk memajukan Belitung Timur," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023