Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan uang tunai kepada 102 mustahik untuk meringankan beban memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Hari ini kita salurkan bantuan dalam bentuk uang tunai kepada 102 orang dengan jumlah total mencapai Rp79,4 juta, kami berharap bantuan bisa dimanfaatkan dengan baik dan tepat sasaran," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat Muhammad Soleh di Mentok, Senin.

Sebanyak 102 orang penerima manfaat tersebut berasal dari sembilan desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Mentok yang sebelumnya telah menyampaikan proposal dan telah dilakukan verifikasi.

Verifikasi dilakukan bersama oleh petugas Baznas Kabupaten Bangka Barat bersama pihak pemerintah desa untuk memastikan agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran.

Setiap penerima manfaat mendapatkan jatah bantuan sebesar Rp200.000 per bulan, namun pada penyerahan bantuan kali ini jumlah yg disalurkan berbeda untuk masing-masing penerima karena disesuaikan dengan waktu pengajuan permohonan sebelumnya.

"Jadi besarannya tidak sama setiap penerima, ada yang menerima dua bulan ada yang tiga atau empat bulan karena tergantung saat mereka mengajukan permohonan," katanya.

Soleh berharap ke depan akan lebih banyak lagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Bangka Barat yang memberikan zakat, infak, dan sedekah melalui Baznas, sehingga jumlah penerima bisa semakin bertambah.

Menurut dia, kehadiran Baznas dibutuhkan pemerintah daerah untuk membantu mengumpulkan dana dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Selama ini Baznas sudah bergerak cukup bagus sesuai yang diharapkan, mereka membantu kebutuhan biaya untuk pendukungan berobat, pendidikan, disabilitas dan lainnya," katanya.

Dengan kehadiran Baznas diharapkan bisa melengkapi peran pemerintah daerah yang selama ini jumlah anggaran yang ada terbatas.

"Tidak semuanya bisa dibantu pemerintah, jadi melalui Baznas juga bisa berperan membantu mereka," katanya.

Pada periode bulan sebelumnya, Baznas Bangka Barat juga telah menyalurkan bantuan uang tunai sebesar Rp76.588.900 kepada 17 orang mustahik.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023