Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan peralatan tangkap kepada 11 kelompok nelayan.

"Sebanyak 11 kelompok nelayan itu menerima peralatan tangkap berupa 22 unit mesin tempel," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Bupati mengatakan, bantuan peralatan tangkap itu untuk mendorong peningkatan produksi perikanan tangkap bagi para nelayan tradisional.

"Ada sebanyak 3.588 nelayan tradisional yang tersebar pada enam kecamatan dan mereka sangat membutuhkan peralatan yang memadai untuk meningkatkan hasil tangkapan," katanya.

Pemkab Bangka Tengah terus berupaya memberdayakan masyarakat pesisir dengan menyalurkan bantuan peralatan tangkap yang memadai.

"Nelayan sangat penting untuk kita karena penyediaan ikan segar, pangan dan juga pengendalian inflasi," ujarnya.

Bupati meminta kelompok nelayan dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik dan bantuan tersebut bersifat bergulir.

"Kondisi cuaca yang ekstrem saat ini memang menjadi kendala bagi nelayan, maka diperlukan peralatan tangkap yang memadai agar nelayan bisa menjangkau titik kumpul ikan lebih jauh ke tengah," ujarnya.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap Triono mengatakan bantuan mesin tempel kepada 11 kelompok nelayan itu untuk  mempermudah masyarakat mendapatkan ikan segar.

"Jadi bantuan ini untuk para nelayan Bangka Tengah yang sudah diverifikasi sebelumnya dan ada 11 kelompok nelayan yang mendapatkan mesin tempel," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023