Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberi penghargaan untuk koperasi berprestasi dan tokoh penggerak koperasi pada saat upacara peringatan hari jadi ke-23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di halaman Kantor Gubernur Babel, Selasa.

Plt.Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Kabid Koperasi Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Babel, Sopiar mengatakan bahwa penghargaan kepada koperasi berprestasi ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap insan koperasi di Babel. 

"Penghargaan ini bentuk apresiasi pemerintah, sekaligus memberikan motivasi bagi koperasi lain untuk berkarya lebih baik lagi. Ada tiga koperasi berprestasi dan tiga tokoh penggerak koperasi tingkat Provinsi yang menerima penghargaan," katanya.

Ia mengatakan pemerintah menilai koperasi di Babel telah mengalami banyak perkembangan dan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi  serta meningkatkan kesejahteraan bagi anggotanya. 

Adanya koperasi berprestasi membuktikan bahwa pembinaan dari pemerintah daerah untuk koperasi terus dilakukan dan adanya peningkatan kualitas dan kesehatan koperasi di Babel.

Koperasi berprestasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 diberikan kepada Koperasi Jasa Pensiunan Peltim Sejahtera, KSU Karya Sejahtera Belitung, dan Koperasi Mandiri Bersama Belitung Timur.

Sedangkan tiga tokoh penggerak koperasi yang menerima penghargaan yakni, Bupati Bangka Selatan Reza Herdavid, Kepala Disnakerkopukm Belitung Timur, Gustaf Pilandra, dan Kepala Disperindagkop UMKM Bangka Tengah Ali Imron. 

"Ada tiga aspek penilaian yakni aspek kelembagaan, usaha dan keuangan. Koperasi berprestasi ini diajukan Kabupaten Kota di Babel. Setelah itu dilakukan verifikasi lapangan dan dinilai oleh tim penilai koperasi berprestasi," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya penghargaan ini menjadi motivasi bagi koperasi-koperasi lain di Babel untuk terus berkarya lebih baik sehingga dapat meningkatkan citra koperasi sebagai lembaga yang terpercaya. Selain itu, dengan adanya penghargaan ini koperasi di Babel semakin berkualitas, tangguh, mandiri serta mampu berdigitalisasi.

"Masyarakat menjadi lebih menyadari pentingnya kehadiran koperasi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan. Penghargaan ini juga jadi momentum tahunan sebagai upaya mempromosikan peran koperasi di masyarakat dan meningkatkan daya saing koperasi," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023