Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA meresmikan aplikasi Cegah Stunting Sejak Nikah dari Hamil Hingga Lahir "Chating Si Kamila" Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, guna mengoptimalkan penanganan stunting di daerah itu.

"Saya mengapresiasi Bupati Bangka Tengah yang berkomitmen dalam gerakan cegah stunting untuk mewujudkan Generasi Emas Indonesia," kata Safrizal ZA saat meluncurkan Chating Si Kamila di Pangkalan Baru Bangka Tengah, Jumat.

Ia mengatakan, "Chating Si Kamila" aplikasi merupakan penanganan stunting yang memanfaatkan teknologi dan mengedepankan data secara terintegrasi, sehingga dapat mengoptimalkan penanganan stunting di daerah itu.

"Launching aplikasi penanganan stunting ini agar bisa dilakukan secara sistem dan metodologis, sehingga dari 145 target ini harus bisa ditangani secara reguler, konsisten," ujarnya.

Menurut dia, melalui aplikasi sebagai penunjang untuk menjadi titik acuan kebijakan dalam rangka pencegahan stunting, dan juga bantuan berupa paket makanan tambahan bagi anak-anak berpotensi mengalami stunting.

Selain itu, aplikasi ini juga merupakan bentuk nyata kehadiran pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Tahun depan kita upayakan bisa menurunkan angka stunting dan sasarannya 15 hingga 10 besar atau kasus stunting terendah," katanya.

Menurut dia, kalau aplikasi ini jalan, berarti program yang kita lakukan ini baik, dan bisa kita aplikasi, dan lebih kita giatkan lagi. Memang tidak bisa langsung 5 besar, tetapi tren yang baik tandanya program jelas.

Tidak hanya itu, kegiatan yang dilaksanakan Kecamatan Pangkalan Baru hari ini sudah sejalan dengan program multi sektoral yang efektif, dan berkelanjutan dalam jangka panjang melalui 5 gerakan yang dicanangkan mencegah stunting, yaitu gerakan aksi bergizi, gerakan bumil sehat, gerakan posyandu aktif, gerakan jambore kader, dan gerakan cegah stunting itu penting.

"Upaya perbaikan gizi dan peningkatan derajat masyarakat sehat adalah tanggung jawab pemerintah, tetapi saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu semua atas dukungan program ini demi masa depan anak-anak kita semua selama menjalankan kehidupan masa depan," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023