Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerapkan malam bebas mobil atau "car free night" di kawasan Taman Kota Sungailiat setiap Jumat malam.

"Penerapan kawasan Taman Kota Sungailiat yang berada di pusat kota sebagai area malam bebas mobil untuk memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM menjual produk kuliner dan usaha kerajinan mereka," kata Pejabat Bupati Bangka, M Haris, di Sungailiat, Sabtu.

Di kawasan itu juga dapat dijadikan ruang bagi komunitas seni mengembangkan kreativitas seperti musik dan yang lain sehingga memberikan manfaat.

"Kita berharap dengan adanya kawasan malam bebas mobil suasana Kota Sungailiat menjadi ramai, begitu juga para UMKM bisa membuka peluang usaha di kawasan tersebut," jelas M Haris.

Dia mengajak semua lapisan masyarakat serta pelaku UMKM untuk tetap menjaga ketertiban serta kebersihan di kawasan itu karena menjadi tempat berkumpul dan bersantai.

"Kami akan mengevaluasi program ini untuk melihat perkembangan dan manfaatnya bagi masyarakat," ujarnya.

M Haris mengatakan, kalau dalam evaluasi itu nantinya nampak memberikan manfaat bagi masyarakat dan membantu meningkatkan perekonomian tentunya dapat ditambah fasilitas dan sarana pendukungnya.

Sebelumnya pemerintah Kabupaten Bangka juga telah berhasil melakukan uji coba penerapan area tanpa kendaraan atau "car free day" di kawasan Hutan Kota Sungailiat, di mana kawasan tersebut pada hari Minggu digunakan untuk berolahraga dan kendaraan dilarang melintas.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023