Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan dana senilai Rp3 miliar untuk meningkatkan prestasi olahraga.

"Anggaran senilai Rp3 miliar itu kita titipkan di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam bentuk dana hibah Tahun 2024," kata Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar di Manggar, Minggu.

Khairil Anwar mengatakan, untuk berprestasi dibutuhkan persiapan yang matang baik dari kemampuan pengurus cabang olahraga, kemampuan atlet, maupun dukungan dana yang memadai.

"Dana hibah yang diberikan tentu saja berdasarkan kemampuan keuangan daerah. Minimnya anggaran hibah lantaran banyak kegiatan hibah lainnya yang harus diberikan," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 2024 mendatang merupakan tahun politik dan anggaran banyak tersedot untuk membantu penyelenggara dalam menyukseskan pesta demokrasi

Namun Khairil optimis dengan hibah yang diberikan, KONI Belitung Timur mampu mengolah keterbatasan anggaran dengan program kerja yang baik.

"Apalagi dengan adanya Rakerkab seluruh Pengkab cabang olahraga akan ikut bersama-sama memikirkan solusi untuk memajukan prestasi olahraga," ujarnya.

Ia berharap cabang olahraga yang dirangkul KONI dapat saling bersinergi untuk memikirkan program kerja demi kemajuan olahraga.

Khairil memuji keberhasilan KONI dalam peningkatan prestasi olahraga dan ini terbukti dengan pencapaian medali saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung di Bangka Barat September 2023.

"Dengan perolehan 144 medali dalam Proprov VI di Bangka Barat tersebut sebagai bukti nyata prestasi olahraga kita menunjukkan kemajuan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023