Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melengkapi berbagai fasilitas di Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Belolaut agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin baik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat Sapi’i Rangkuti di Mentok, Kamis, mengatakan peningkatan fasilitas pelayanan dimulai pada tahun depan dengan penambahan tenaga kesehatan dokter, bidan, perawat, dan analis.

"Kita juga berupaya agar Pustu Belolaut dilengkapi dengan laboratorium. Jadi nanti bisa melayani masyarakat setingkat dengan Puskesmas Mentok, warga yang ada di sekitar sana tidak perlu berjalan jauh ke Mentok," katanya.

Dia menjelaskan Desa Belolaut secara geografis di Kecamatan Mentok, namun jarak antara desa tersebut dengan Puskesmas Mentok cukup jauh sehingga memberatkan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Dengan adanya peningkatan kualitas, baik dalam pelayanan maupun fasilitas pendukung di Pustu Belolaut, diharapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Melalui peningkatan kualitas Pustu Belolaut diharapkan warga dari Belolaut, Pal6, Airbelo, Tanjungpunai, Kadur, dan sekitarnya yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan bisa memanfaatkan pusat layanan tersebut.

"Mereka tidak harus berjalan belasan kilometer untuk ke Puskesmas Mentok, cukup di Pustu Belolaut," katanya.

Seiring dengan peningkatan pelayanan tersebut, pemkab juga akan melakukan rehabilitasi dan penambahan beberapa ruangan yang ada di Pustu Belolaut.

Untuk rencana penambahan ruang pelayanan kesehatan ini, Pemkab bangka Baat telah menyiapkan anggaran Rp300 juta pada anggaran belanja tambahan tahun 2024.

"Dengan peningkatan pelayanan di tempat itu, kami yakin warga akan semakin mudah mengakses, mengurus rujukan ke RSUD bagi peserta BPJS kesehatan tanpa harus ke Puskesmas Mentok," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023