Kepolisian Resort Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Kasat Lantas IPTU Edi Yusup mengimbau masyarakat hati-hati dalam berkendara karena jalan licin pada musim hujan saat ini. 

"Salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah cuaca selain human error atau alasan teknis kendaraan,”kata Kasat Lantas Polres Bangka Selatan  IPTU Edi Yusuf di Toboali, Kamis (21/12). 

Disampaikannya para pengguna jalan harus berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya, terutama ketika hujan turun. Apalagi disaat kondisi musim penghujan di sertai petir dan angin kencang pengguna jalan tentunya harus lebih waspada.

“Kita menghimbau kepada masyarakat Bangka Selatan agar lebih berhati-hati dalam berkendara, baik saat mengendarai mobil atau sepeda motor karena musim hujan di sertai cuaca ekstrim rawan dengan kecelakaan,”kata dia. 

Menurut Edi ada beberapa titik jalan yang dinilai rawan terjadi kecelakaan apalagi kondisi sekarang intensitas curah hujan hampir setiap hari.

“Sebelum berpergian alangkah baiknya periksa kendaraan seperti ban kendaraan. Hal ini guna menghindari laka lantas, jika sudah aus disarankan untuk segera di ganti karena rawan tergelincir dan juga mengganti karet air wiper mobil yang sudah aus agar memudahkan pandangan ketika terjadi hujan saat kita berkendara dengan mobil serta air wiper agar selalu dicek dan terisi, "sarannya.

Ia menjelaskan apabila cuaca hujan,masyarakat di minta untuk menurunkan kecepatan berkendara karena cuaca hujan dengan kecepatan berkendara yang tinggi akan menambah resiko terjadinya kecelakaan dalam berkendara.

“Maka dari itu harus hati-hati lagi dalam mengendarai terutama pada saat hujan turun. Jangan lupa pada saat berkendara tetap menyalakan lampu kendaraan karena jarak pandang berkurang saat terjadi hujan serta hindari genangan air dengan mengurangi kecepatan untuk menghindari aquaplaning yaitu kondisi kendaraan hilang kendali yang disebabkan oleh genangan air saat hujan lebat, "kata Edi.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023