Beredar unggahan di Facebook yang mengabarkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mendeklarasikan dukungannya untuk calon presiden nomor urut satu pada Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan.
Deklarasi tersebut diklaim dilakukan pada 18 Desember 2023.

Konten di Facebook ini juga diedarkan di YouTube. Pada thumbnail video YouTube, terlihat bahwa acara pemberian dukungan oleh Airlangga itu, juga dihadiri ribuan orang yang diduga sebagai kader Golkar.

Berikut isi narasi yang dikaitkan dengan video dukungan Airlangga kepada Anies Baswedan:
Wow makin mantap !! Akhirnya Airlangga resmi gelar deklarasi untuk Anies presiden RI 2024,".

Lantas, benarkah Airlangga Hartarto deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan?
 
Tangkapan layar hoaks yang menyatakan Airlangga Hartarto deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan (Facebook)


Penjelasan:
Dari hasil penelusuran, gambar yang digunakan sebagai thumbnail video tersebut, identik dengan di kanal YouTube media ini.

Gambar itu sebenarnya menampilkan momen ketika Airlangga melantik Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Jawa Barat, di bawah kepemimpinan Tubagus Ace Hasan Syadzily pada 2022.

Klaim Airlangga mendeklarasikan dukungan pada Anies juga tidak ditemukan dalam isi video.

Narator hanya membacakan artikel dengan judul “Paling Pas Pimpin Indonesia, Mileanies Sidrap Deklarasikan Anies Baswedan Sebagai Presiden RI 2024”. Artikel itu berisi informasi tentang dukungan kelompok relawan Mileanies di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, bagi Anies di Pilpres 2024.

Menurut informasi resmi di media arus utama, Partai Golkar masih menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. 

Dukungan itu pun hingga saat ini belum berubah, sehingga pengusungan Anies oleh Airlangga pada Pemilu 2024 sebagaimana beredar di Facebook terbantahkan. (Salma Aulia)

Klaim: Airlangga Hartarto deklarasi dukungan untuk Anies Baswedan
Rating: Hoaks

Pewarta: Tim JACX

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023