Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan penjagaan ketat proses sortir dan pelipatan surat suara yang akan digunakan pada Pemilu 2024 guna memastikan tidak terjadi kecurangan dan penyalahgunaan dokumen negara tersebut.

"Kami tempatkan sejumlah personel bersama para petugas keamanan dari pihak KPU Bangka Barat, mereka melakukan pengawasan dan pengamanan lokasi ini untuk memastikan seluruh proses berjalan sesuai aturan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Ade Zamrah di Mentok, Kamis.

Guna memastikan seluruh proses berjalan dengan baik dan lancar, Kapolres Ade Zamrah Kamis ini melakukan pemantauan langsung di Gudang Logistik Pemilu 2024 yang digunakan KPU Kabupaten Bangka Barat untuk menyimpan dan melaksanakan proses sortir dan pelipatan surat suara yang berlokasi di Pal3 Mentok.

Kegiatan sortir dan pelipatan surat suara melibatkan lebih dari 100 orang petugas yang direkrut dari warga yang berasal dari Kecamatan Mentok.

Dalam kegiatan itu, Kapolres mengingatkan kepada seluruh petugas untuk menjalankan tugas dengan jujur dan profesional.

"Kami juga mengingatkan agar setiap petugas bekerja penuh dedikasi guna mendukung kesuksesan pelaksanaan pemilu dan menghindari kecurangan karena bagi yang berlaku curang akan diproses sesuai hukum yang berlaku," katanya.

Menurut dia, seluruh kegiatan dalam proses sortir dan pelipatan surat suara diawasi oleh petugas, terutama pihak Bawaslu dan personel TNI-Polri, jika terjadi indikasi adanya petugas yang tidak jujur dan mengabaikan aturan yang ada maka akan dilakukan evaluasi dan kemungkinan diberikan sanksi.

Untuk itu diharapkan para petugas sortir dan pelipat surat suara untuk jujur, tertib, teliti dan profesional agar proses ini bisa selesai tepat waktu dan meminimalkan kerusakan.

"Guna mendukung kegiatan ini, kami juga telah mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan, baik dalam gudang maupun di lingkungan sekitar untuk mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan. Kepada para petugas kami harapkan selalu hati-hati, jaga kesehatan dan lakukan patroli dengan baik sesuai prosedur yang sudah diterbitkan," katanya.

Petugas akan melakukan tugas pelipatan lima jenis surat suara yang terdiri dari surat suara pemilihan Presiden-Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi Babel dan DPRD Kabupaten Bangka Barat dari empat daerah pemilihan.

Berdasarkan data rekapitulasi penerimaan logistik di KPU Bangka Barat, jumlah keseluruhan surat suara pemilihan presiden-wakil presiden sebanyak 151.634 lembar ditambah surat suara untuk pemungutan suara ulang 1.000 lembar. Jumlah ini sama dengan jumlah surat suara yang akan digunakan untuk pemilihan DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi Babel.

Sedangkan untuk surat suara pemilihan DPRD Kabupaten Bangka Barat terdapat empat jenis sesuai daerah pemilihan (dapil), yaitu Dapil 1 sebanyak 39.612 lembar, Dapil 2 sebanyak 23.728 lembar, Dapil 3 sebanyak 43.503 lembar dan Dapil 4 sebanyak 48.791 lembar.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024