Personel tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ) Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membantu mengevakuasi korban banjir yang merendam lima kawasan di daerah itu.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Jumat mengatakan personel TRC BPBD Belitung membantu masyarakat mengevakuasi barang-barang dan peralatan elektronik warga ke tempat yang lebih aman.

"Seperti di Desa Kembiri misalnya ada di tepi jalan kondisi banjir cukup tinggi dan peralatan elektronik warga terendam banjir sehingga kami bantu evakuasi ke tempat yang lebih tinggi," katanya.

Selain itu, lanjut Agus, dalam kegiatan evakuasi tersebut tim BPBD Belitung dibantu oleh personel Damkar BPBD Belitung.

Disampaikannya, hujan dengan intensitas lebat pada, Kamis (4/1) kemarin merendam sebanyak lima kawasan di daerah itu dengan ketinggian air mulai betis hingga pinggang orang dewasa.

Ia menyebutkan, adapun lima kawasan yang terendam banjir di daerah itu yang terendam banjir diantaranya adalah jalan KH. Ahmad Dahlan RT. 24/ RW.29 Desa Air Raya, jalan Serma Abdullah RT.16/RW.06 Desa Air Raya, jalan Padat Karya RT. 12 / RW.04, dan jalan Cempedak Perumahan Billiton Regency RT.43/RW.14 Desa Air Rayak, dan Desa Kembiri, Membalong.

"Banjir yang merendam empat titik di Desa Air Raya merupakan banjir kiriman dari Desa Selumar, Sijuk karena memang merupakan daerah aliran dan bantaran sungai tersebut," ujarnya.

Agus menjelaskan, saat ini kondisi banjir yang merendam lima titik kawasan di daerah tersebut berangsur surut dan warga sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

"Namun kami tetap mengimbau warga untuk mewaspadai potensi banjir susulan di tengah kondisi cuaca penghujan sekarang ini," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024