Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyusun sebanyak 62 kegiatan pariwisata di daerah itu dalam 'calendar of event 2024'.

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Belitung, Adi Febriatna di Tanjung Pandan, Senin berharap 62 kegiatan pariwisata yang disusun tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Belitung.

"Ada sebanyak 62 kegiatan pariwisata yang telah dipersiapkan guna meningkatkan kunjungan wisatawan di 2024," katanya.

Menurut dia, sebanyak 62 kegiatan pariwisata tersebut didominasi oleh kegiatan 'sport tourism' atau wisata olahraga.

Ia meyakini, kegiatan 'sport tourism' atau wisata olahraga mampu mendatangkan jumlah wisatawan secara massal sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Ada sejumlah kegiatan 'sports tourism' di 2024 seperti Belitung Geopark Run, Belitung Beach Run maupun kegiatan olahraga lainnya yang diadakan oleh pihak tertentu, seperti rencananya pelaksanaan triathlon dan kompetisi paddle board," ujarnya.

Selain itu, kata Adi, sejumlah agenda pariwisata juga disusun dengan berkolaborasi bersama pihak desa di daerah itu.

Hal ini dilakukan guna mengemas dan mengangkat seni, budaya, dan tradisi masyarakat lokal menjadi sajian kegiatan pariwisata yang bisa disuguhkan kepada para wisatawan.

Ia menjelaskan, sejumlah kegiatan tersebut seperti Festival Perahu Layar di Desa Tanjung Rusa, Festival Layang-Layang di Desa Mentigi, Festival Jerambah di Desa Sungai Padang, Maras Taun, Selamat Kampong, dan Nirok Nanggok.

"Kami berharap agenda pariwisata yang disusun ini bisa memberikan pengalaman yang berharga kepada para wisatawan yang berkunjung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024