Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menganggarkan bantuan daging sapi sebesar Rp480.000.000 yang akan direalisasikan pada 2017.

"Tahun ini memang belum bisa membantu masyarakat membeli daging sapi saat terjadi lonjakan harga seperti saat ini karena tidak ada anggarannya," kata Wakil Bupati Bangka Barat Markus di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan penyediaan anggaran untuk bantuan daging sapi tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah untuk meringankan beban masyarakat setempat saat menghadapi tingginya harga daging di pasar.

Menurut dia, penyediaan anggaran tersebut sudah dibahas dalam rapat dengan dinas terkait dan tim anggaran daerah.

"Nanti mekanismenya seperti operasi pasar, hanya mereka yang memiliki kupon yang boleh beli," kata dia.

Ia mengatakan, penyediaan anggaran tersebut akan memberi manfaat langsung kepada masyarakat yang selama ini tidak mampu membeli daging sapi saat hari raya.

Menurut dia, anggaran tersebut akan dikeluarkan jika harga daging di pasar sudah terlalu tinggi atau mengalami lonjakan dibandingkan harga normal.

"Bisa saja dikeluarkan pada saat harga mencapai Rp150.000 per kilogram, kalau ada subsidi bisa saja nanti turun menjadi Rp75.000," kata dia.

Ia mengatakan, bantuan yang diharapkan bisa direalisasikan tahun depan tersebut akan dialokasikan untuk 100 kepala keluarga miskin yang ada di setiap desa di daerah itu. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016