Pangkalpinang (Antara Babel) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung siap mengerahkan Satuan Patroli Jalan Raya (Sat-PJR) guna memberikan pelayanan pengawalan gratis bagi para pemudik di wilayah itu.

"Satuan PJR ini bisa memberikan pengawalan secara gratis bagi para pemudik yang sifatnya rombongan atau konvoi kendaraan. Kalau untuk perorangan belum bisa diberikan pengawalan karena anggota yang masih terbatas," kata Kabid Humas Polda Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Abdul Mun'im, Kamis.

Ia mengatakan, pengawalan yang dilakukan oleh Satuan PJR merupakan sebagai bentuk pelayanan kepada para pemudik agar tidak menjadi koban kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Dikatakannya, untuk pengawalan kepada para pemudik tersebut, pihaknya menediakan sebanyak delapan unit kendaraan yang terdiri dari sepeda motor berkekuatan 900 cc beserta empat unit mobil berkekuatan 1.500 cc ditambah sejumlah kendaraan PJR yang bertugas pada jajaran Polres.

"Kendaraan tersebut disiagakan sebagai pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli (Turjawali). Pengecekkan terhadap kondisi kendaraan operasional PJR pun rutin dilakukan untuk memastikan kendaraan yang dikerahkan tersebut selalu siap digunakan," katanya.

Selain itu, pengecekan fisik dan mesin juga dilakukan guna mengantisipasi adanya kendaraan yang rusak. Tentunya PJR tidak ingin sewaktu kendaraan akan digunakan malah dalam keadaan rusak tak terpakai.

"Yang pasti jika rombongan masyarakat berkendara minta pengawalan saat mudik, silahkan menghubungi Ditlantas Polda Babel atau Satlantas Polres jajaran agar diberikan pengawalan," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016