Pangkalpinang (Antara Babel) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan lahan parkir khusus kendaraan pemudik guna mencegah kemacetan di pintu masuk pelabuhan selama arus mudik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Selama arus mudik Lebaran bus, angkutan kota dan kendaraan dilarang masuk ke terminal pelabuhan. Kita telah menyediakan lahan parkir khusus," kata Kepala KSOP Pangkalbalam, Andriawan Simanungkalit di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan lahan parkir itu dibangun di tempat penumpukan barang mengingat arus kendaraan antar jemput calon penumpang kapal laut mengalami peningkatan, sehingga dapat memicu kemacetan dan mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat yang akan mudik.

"Kami menyiagakan petugas di pintu masuk terminal agar pengemudi kendaraan memarkir kendaraannya di tempat yang telah disediakan," ujarnya.

Menurut dia saat ini terminal pelabuhan hanya memiliki satu pintu keluar masuk kendaraan dan calon penumpang, sehingga rawan terjadi kemacetan dan kecelakaan.

"Ini harus diatasi mengingat arus kendaraan dan orang selama arus mudik meningkat," ujarnya.

Menurut dia parkir khusus ini dalam upaya memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan laut.

"Alhamdulillah tidak ada lagi kemacetan kendaraan di pintu masuk pelabuhan, sehingga calon penumpang kapal nyaman keluar dan masuk ke terminal pelabuhan," ujarnya.

Ia berharap sopir angkutan umum dan pribadi memarkirkan kendaraannya di tempat yang telah disediakan demi keamanan, ketertiban dan kelancaran arus mudik.

"Kami berupaya mengatasi hal-hal tidak diinginkan yang akan mengganggu kenyamanan calon penumpang kapal yang akan berlebaran di kampung halamannya," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016