Penjabat Wali Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Lusje Anneke Tabalujan meminta lurah se-Kota Pangkalpinang mencontoh Forum Sedekah Masyarakat Girimaya yang peduli stunting, guna mengoptimalkan program penanganan stunting di daerah itu.

"Saya mengapresiasi kegiatan forum hari ini membagikan 170 paket sembako kepada keluarga kurang mampu stunting," kata Lusje Anneke Tabalujan di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan anggota Forum Sedekah Masyarakat Girimaya dengan suka rela mengumpulkan berbagai bantuan untuk disalurkan kepada masyarakat kurang mampu stunting, anak yatim piatu di Kota Pangkalpinang, sehingga sangat membantu pemerintah daerah dalam penanganan stunting, kemiskinan dan masalah sosial lainnya.

"Forum ini dalam sebulan sekali menyalurkan bantuan sembako seperti beras, minyak goreng, telur, susu dan lainnya kepada masyarakat kurang mampu," ujarnya.

Ia menyebutkan gerakan forum ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan jika seluruh masyarakat, camat dan lurah peduli maka Kota Pangkalpinang ini tidak akan ada lagi stunting, karena kebutuhan pokok masyarakat kurang mampu ini tercukupi.

"Kota Pangkalpinang memiliki tujuh kecamatan dan 42 kelurahan, jika forum ini dicontoh maka tidak akan lagi keluarga stunting," katanya.

Menurut dia Pemkot Pangkalpinang juga memiliki program pengentasan stunting sendiri dan pada tahun lalu telah menyalurkan ribuan ton beras untuk dibagikan kepada masyarakat kurang mampu. Namun demikian, forum sedekah peduli stunting ini perlu dicontoh oleh forum-forum lainnya.

"Kami berharap para lurah untuk datang, amati, tiru dan modifikasi program forum peduli stunting ini, karena program ini sangat baik sekali untuk diterapkan di seluruh kelurahan di kota ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024