Bawaslu Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) supaya mempercepat dan memprioritaskan distribusi logistik Pemilu 2024 ke TPS karena pertimbangan faktor cuaca yang relatif tinggi curah hujan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Sugesti dalam keterangan pers yang diterima di Sungailiat, Rabu, berpendapat mempercepat distribusi logistik pemilu menjadi skala prioritas yang harus benar-benar diperhatikan oleh KPU.

"Dikhawatirkan distribusi logistik akan terhambat di saat musim penghujan sementara diketahui ada sejumlah tempat pemungutan suara dengan akses jangkauan cukup jauh," jelas dia.

Baca juga: Bawaslu Bangka Tengah utamakan pencegahan pelanggaran kampanye

Sugesti menyarankan pihak KPU supaya memperkuat koordinasi dengan BPBD untuk membantu memetakan wilayah yang aman dari pengaruh cuaca sehingga distribusi logistik dapat berjalan lancar. Begitu pula keterlibatan kepolisian dalam pengawalan logistik penting dilakukan guna menjamin keselamatan dan kelancaran distribusi.

"Saya mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten Bangka untuk menjadikan pemilu serentak 2024 ini sebagai momentum untuk memilih pemimpin mulai dari pemilihan presiden hingga pemilihan anggota DPRD Kabupaten Bangka secara damai," katanya.

Dia juga minta masyarakat membantu pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024 dengan segera melaporkan ke Bawaslu Kabupaten, pengawas pemilu di tingkat kecamatan hingga tingkat desa atau kelurahan, jika mengetahui ada dugaan pelanggaran pemilu.

Pada Pemilu 2024, tercatat jumlah TPS di Kabupaten Bangka mencapai 911 TPS tersebar di 62 desa dan 19 kelurahan dengan jumlah mata pilih sebanyak 234.537 orang.

Baca juga: Bawaslu Bangka Tengah kawal 321 titik kampanye

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024