Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Jumat, memantau arus mudik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah di Pelabuhan Pangkalbalam untuk memastikan calon penumpang kapal laut di pelabuhan itu terlayani dengan baik.

Gubernur Kepulauan Babel beserta jajarannya memantau langsung fasilitas berbagai di terminal pelabuhan diantaranya ketersediaan tempat duduk di ruang tunggu, air bersih, tempat ibadah, ruangan ibu menyusui bayinya dan fasilitas lainnya.

Pada kesempatan itu, gubernur berdialog langsung kepada calon penumpang kapal dan petugas pengamanan mudik lebaran, guna mengetahui kendala dan keluhan masyarakat yang akan mudik lebaran.

"Alhamdulillah pelayanan arus mudik lebaran tahun ini berjalan baik, seiring tidak adanya keluhan dari calon penumpang kapal," kata Rustam Effendi.

Ia mengatakan, arus mudik di pelabuhan pada H-5 lebaran masih normal, berbeda dibanding kondisi tahun lalu yang sudah mengalami peningkatan yang signifikan.

"Kondisi penumpang normal, bahkan mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, karena kondisi perekonomian masyarakat yang kurang baik," ujarnya.

Selain itu, kata dia, selisih tiket kapal laut dengan pesawat udara tidak terlalu tinggi sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan angkutan udara untuk mudik lebaran.

"Saat ini masyarakat lebih memilih menggunakan pesawat udara, karena mereka menilai harga tiket yang masih terjangkau, praktis dan cepat," ujarnya.

Namun demikian, dia mengimbau masyarakat yang akan mudik lebaran untuk waspada, menjaga kesehatan, tidak menggunakan perhiasan berlebihan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami berharap pemudik untuk selalu menjaga keselamatan, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena terlalu bergembira saat mudik lebaran," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016