Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Bangka Tengah, Bangka Belitung menggelar kegiatan open house sosialisasi MAN IC (ophesaic) menjelang Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Tahun 2024.

"Ophesaic merupakan kegiatan yang pertama kali digelar MAN IC Bangka Tengah sebagai strategi dalam rangkaian Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) tahun pelajaran 2024/2025," kata Kepala MAN IC Bangka Tengah Ahmad Sukri Ahkap di Sungkap, Minggu.

Ia mengatakan, MAN IC Bangka Tengah merupakan salah satu lembaga pendidikan menengah atas yang dapat menjadi pilihan bagi para siswa SMP/MTs untuk melanjutkan pendidikan. 

"MAN IC Bangka Tengah adalah sekolah terbaik pertama versi LTMPT di Bangka Belitung yang dapat menjadi pilihan tepat bagi siswa yang saat ini sedang duduk di kelas IX SMP/MTs untuk melanjutkan pendidikan,” katanya saat membuka kegiatan yang diikuti 200 peserta itu. 

Ia menjelaskan, MAN IC Bangka Tengah adalah madrasah unggulan Kementerian Agama dengan tipologi akademik, riset, dan teknologi. 

“Sebagai madrasah akademik, riset, dan teknologi, MAN IC memiliki program-program unggulan yaitu tahfizul Qur’an, pembinaan olimpiade sains, studi kolaboratif, dan home stay yang merupakan bentuk pengabdian pada masyarakat," jelasnya.

“Gagasan Ophesaic muncul dari panitia SNPDB MAN IC Bangka Tengah untuk memaksimalkan sosialisasi tentang MAN IC. Ini merupakan kali pertama sebagai bentuk inovasi dan keseriusan MAN IC Bateng untuk menarik minat pendaftar,” katanya.  

Dalam kegiatan Ophesaic, peserta tidak hanya diberikan informasi tentang MAN IC Bangka Tengah, tetapi juga mengikuti try out bersama.  

“Dalam Ophesaic, peserta tidak hanya diperkenalkan dengan profil dan program unggulan saja, melainkan mengikuti try out dan pembahasan soal seleksi masuk MAN IC. Itu bertujuan agar para peserta mempunyai gambaran soal tes dan dapat mempersiapkan diri lebih maksimal,” urainya.  

Tentu saja, kata dia, sebelumnya, tim SNPDB MAN IC Bangka Tengah telah gencar melakukan sosialisasi di 7 kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung.

"Sosialisasi dan informasi SNPDB ini telah kami gencarkan sebelumnya dengan mengoptimalkan media sosial, iklan media massa, dan jemput bola ke SMP/Mts se-Bangka Belitung agar masyarakat benar-benar mendapatkan informasi yang akurat," katanya.

Sementara itu, Jumaliradi, salah satu orang tua siswa mengapresiasi kegiatan Ophesaic yang digelar oleh MAN IC Bangka Tengah.  

“Kegiatan yang menarik karena informasi tentang SNPDB ini sangat dibutuhkan. Try out yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Ophesaic ini dapat memberi gambaran bagi para pendaftar agar dapat mempersiapkan diri lebih maksimal dan lulus di MAN IC Bangka Tengah,” katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024