Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi perajin lidi nipah Desa Kace Kabupaten Bangka untuk mematenkan brand kerajinan lidah nipah, guna meningkatkan daya saing dan pemasaran kerajinan khas masyarakat daerah itu.

“Kita bersama Disperindag akan bantu mematenkan brand lidi nipah ini," kata Penjabat Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal saat berkunjung ke pengerajin Lidi Nipah  di Desa Kace, Selasa.

 Pj Ketua Dekranasda  didampingi  Kepala Disperindag  Babel Tarmin AB dan Yuniar Putia Rahma dari Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Provinsi Kepulauan Babel  mengatakan pengrajin lidi nipah ini mengusung potensi lokal, mengingat banyak sekali nipah di Babel, sehingga handicraft lidi nipah ini adalah pertama dari Bangka Belitung.

“Kita hadir di sini  memang untuk melihat sejauh mana mereka sudah memiliki hak paten, dan sejauh mana mereka membina masyarakat untuk dijadikan sebagai kawasan lidi nipah yang ada di sekitar sini,” ujarnya.

Ia menyatakan  saat ini Dekranasda  mendorong pengrajin lidi nipah untuk segera mematenkan brand lidi nipah yang berasal dari Babel, sehingga nanti pengrajin ini bisa berbagi ilmu dengan pengrajin di daerah seluruh Indonesia untuk memanfaatkan lidi nipah yang sangat jarang dimanfaatkan.

“Kita ingin lidi nipah ini produk dari Babel, sehingga pemasaran produk UMKM ini semakin di kenal masyarakat luas baik nasional maupun internasional," katanya.

Eva Deswanti selaku pengrajin lidi nipah sekaligus owner dari Deshanda Craft mengatakan  akan segera mengurus untuk mematenkan brand lidi nipah ini.

“Beberapa kali kami jadi narasumber melatih pengrajin-pengrajin lidi nipah dari anak sekolah, orang lapas dan lainnya, agar bisa belajar dan menghasilkan karya. Nah baru-baru ini kami ada tawaran juga untuk jadi narasumber di Aceh dan Lombok, tapi kami tolak dulu bu soalnya belum dipatenkan, dan akan segera kami urus bu secepatnya,” ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Pj Ketua Dekranasda Kepulauan Babel berserta jajaran di galeri lidi nipah miliknya dan diharapkan Pj Ketua Dekranasda untuk selalu memberikan bimbingan dan arahan agar pengrajin-pengrajin lidi nipah di Babel terus semangat dan berkarya.

“Terima kasih Ibu Pj Dekranasda dan jajarannya, kami minta tolong terus di bina dan jadi penyemangat buat kami para pengrajin lidi nipah di Babel,” katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024