DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong pemerintah daerah untuk memperbanyak kegiatan pasar murah guna membantu masyarakat mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

"Kami mendorong agar pemerintah daerah memperbanyak kegiatan pasar murah guna membantu masyarakat mendapatkan harga bahan kebutuhan yang terjangkau," kata Wakil Ketua DPRD Belitung, Budi Prasetyo di Tanjung Pandan, Selasa.

Ia mengatakan, selain membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, kegiatan pasar murah juga dinilai mampu mengendalikan kondisi inflasi di daerah.

Operasi pasar murah dinilai sangat bermanfaat bagi masyarakat di daerah itu dalam memenuhi bahan kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijiriah.

Ia menambahkan, DPRD Belitung siap menyetujui penggunaan anggaran usulan dari pihak eksekutif guna mendukung terlaksananya kegiatan pasar murah bagi masyarakat.

"Apabila kegiatan pasar murah ini bermanfaat positif bagi masyarakat maka tentunya akan kami dukung mungkin nanti ada APBD yang bisa gunakan untuk kegiatan pasar murah," ujarnya.

Dikatakannya, DPRD Belitung juga berkoordinasi dengan Perum Bulog dalam membantu pemerintah daerah mengendalikan kondisi inflasi daerah.

Menurut Budi, selama ini inflasi di Belitung disebabkan oleh beberapa komoditas seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan daging ayam ras.

"Kami sudah berbincang dengan Bulog terkait hal ini namun memang penugasan untuk Perum Bulog hanya tiga komoditas saja seperti beras, jagung, dan tepung," katanya.

Oleh karena itu, DPRD Belitung berencana akan berkunjung ke Bulog pusat untuk berkoordinasi dalam rangka mengendalikan kondisi inflasi di daerah.

"Nanti akan kami sampaikan ke Bulog pusat terkait hal ini apakah bisa melakukan pengadaan bahan kebutuhan pokok di luar penugasan tadi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024