Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dapat menjaga kekompakan dan profesionalitas.

"KPPS garda terdepan dalam menyukseskan pemilu, mereka bertugas tidak lama namun perannya sangat penting dan menentukan dalam pesta demokrasi," kata anggota KPU Bangka Tengah Sabri Aryanto di Koba, Jumat.

Sabri mengatakan itu saat membuka kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi KPPS untuk mematangkan persiapan dan kemampuan dalam bertugas.

"Masa kerja KPPS ini terhitung dari 25 Januari hingga 25 Februari 2024 dan itu waktu yang sangat singkat, jadi saya harapkan jaga kekompakan dan tetap bekerja profesional," ujarnya.

Sabri mengatakan bimbingan teknis yang digelar hingga 29 Januari 2024 itu dilaksanakan secara bergiliran untuk enam kecamatan yang ada di daerah setempat.

"Saya mengharapkan jangan sampai Pemilu 2024 terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) seperti yang terjadi pada Pemilu 2019," ujarnya.

Kendati PSU juga sudah diatur dalam undang-undang, namun kasus tersebut merupakan bagian yang bisa mencoreng slogan pemilu jujur dan adil.

"Kita semua berharap pelaksanaan pemilu tidak ada kejadian yang tidak tidak diinginkan, salah satunya adalah PSU. Mari kita sama-sama jaga solidaritas, untuk pelaksanaan pemilu yang jauh lebih baik dari pemilu sebelumnya,” ujarnya.

Ketua PPK Kecamatan Namang Muhammad Aliwapa mengatakan, KPPS Pemilu 2024 di Bangka Tengah sudah resmi dilantik.

Ia berharap KPPS bisa mengikuti bimbingan teknis dengan baik karena hanya dilakukan satu kali dan setelah itu langsung bertugas.

“Ada banyak yang perlu kita pahami dan kita teliti untuk pelaksanaannya nanti, jadi silahkan ikuti bimbingan ini dengan baik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024