Pejabat Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Haris memastikan aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu akan netral dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

"Saya pastikan ASN netral dalam pemilu karena sebelumnya sudah menandatangani pakta integritas dalam menghadapi pemilu dan Pilkada 2024," kata M Haris dalam keterangannya, Sabtu.

Penandatanganan tersebut, kata dia, merupakan bukti komitmen bahwa ASN maupun tenaga kontrak netral selama pemilu dan pemilihan kepala daerah 2024. Sikap netral tidak hanya diberlakukan bagi ASN termasuk PPPK, melainkan tenaga kontrak di Kabupaten Bangka juga harus netral.

"ASN atau tenaga kontrak cukup fokus dalam pelayanan kepada masyarakat, jangan terlibat dalam politik," ujar dia.

Baca juga: Menjaga netralitas ASN Babel demi wujudkan pemilu bermutu

Bagi tenaga kontrak atau honor kata M Haris, akan diberikan tindakan tegas dengan pemecatan jika diketahui terlibat politik seperti mendukung atau ikut memenangkan partai politik dan peserta pemilu.

M Haris tidak hanya mengharuskan ASN netral dalam pemilu, namun juga didorong ikut membantu penyelenggara pemilu melakukan pengawasan supaya pesta demokrasi tahun ini berjalan aman, tertib dan lancar.

"ASN harus ikut membantu Bawaslu melakukan pengawasan atau segera melapor ke pengawasan pemilu terdekat jika mengetahui ada dugaan ASN atau tenaga kontrak yang terlibat dalam politik," jelasnya.

Dia membuka diri untuk di awasi, siap dikritisi dan siap dilaporkan, harus bersikap adil, karena bibit ketidakadilan itu karena ada keberpihakan ASN.

Baca juga: Pemkab Bangka Barat ingatkan ASN bijaksana dalam bermedia sosial

Baca juga: Pj Gubernur Babel ingatkan ASN waspada terkait netralitas pemilu

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024