PT Timah Tbk mengevakuasi Dermaga Pelabuhan Rakyat Tanjung Berlian di Kundur, Provinsi Kepulauan Riau yang tenggelam karena diterjang gelombang tinggi disertai angin kencang di daerah itu.

"Kami mengerahkan satu unit kapal penjangkaran untuk mengevakuasi dermaga yang tenggelam akibat cuaca buruk ini," kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini Dermaga Pelabuhan Rakyat Tanjung Berlian sudah berhasil dievakuasi dan diangkat untuk dilakukan perbaikan, agar warga pesisir bisa kembali memanfaatkan dermaga itu untuk menyadarkan kapal-kapalnya.

"Semoga dermaga ini segera kembali dioperasikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

PT Timah Tbk bagian dari Mining Industry Indonesia (MIND ID), yakni BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia.

Kepala Badan Usaha Pelabuhan Wilayah Tanjung Berlian Latinurli mengapresiasi PT Timah yang telah sigap mengerahkan bantuan untuk menaikkan kembali dermaga pelabuhan yang tenggelam akibat cuaca buruk.

"Semoga dengan adanya bantuan tersebut kegiatan perbaikan dapat segera dilakukan sehingga aktivitas masyarakat dapat berjalan dengan baik. Terima kasih atas bantuan perusahaan menurunkan satu unit kapal penjangkaran untuk mengevakuasi ponton pelabuhan yang tenggelam," katanya.

Camat Kundur Utara Murnizam mengapresiasi PT Timah atas bantuan mengangkat dermaga pelabuhan tersebut sehingga nantinya dapat segera dilakukan perbaikan oleh pihak terkait dan segera dapat difungsikan kembali.

"Pelabuhan ini sangat vital sebagai sarana penunjang kegiatan masyarakat yang digunakan sehari-hari," katanya.

Ia mengakui kerusakan dermaga itu membuat aktivitas masyarakat menjadi terganggu.

"Kalau hanya mengandalkan peralatan yang tidak memadai pasti akan membutuhkan waktu yang lama dan berhari-hari, dan pastinya aktivitas masyarakat juga turut terganggu sekali," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024