Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi kegiatan deklarasi pemilu damai yang digelar Majelis Pengurus Wilayah (MPW) Pemuda Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Bangka Belitung.

"Kita sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah awal mewujudkan pemilu damai di Babel," kata Analis Kebijakan Badan Kesbangpol Provinsi Babel Dafri Sugesti di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan Pemprov Babel sudah melaksanakan dan mendukung penuh tahapan Pemilu 2024, antara lain dengan menyerahkan bantuan ke Bawaslu dan KPU sebagai lembaga pelaksana dan pengawasan pemilu.

Selain itu, Kesbangpol Babel juga turun mengawasi dan memantau perkembangan situasi yang dilakukan secara berkala dan hasilnya dilaporkan ke penjabat Gubernur Babel.

"Terkait dengan kegiatan dialog publik deklarasi pemilu damai ini, kami berterima kasih karena para mahasiswa ini adalah pemuda-pemudi yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dan idealisme mereka akan terus didengar sampai nanti mereka menjadi seorang pemimpin," ujarnya.

Saat ini kondisi di Babel tetap kondusif meski ada sedikit gejolak dan riak, namun masih dalam batasan rendah dan diharapkan pemilu tetap aman-aman hingga tahap akhir.

Dukungan dari berbagai organisasi juga sangat diharapkan oleh pemerintah daerah melalui deklarasi pemilu damai yang digelar oleh beberapa organisasi lain yang ada di Babel.

"Banyak juga organisasi kemasyarakatan yang sudah melakukan deklarasi pemilu damai, kita berharap indeks demokrasi yang akan menilai bagaimana sebuah demokrasi berjalan di daerah, melalui kegiatan seperti ini indeks demokrasi kita akan menjadi baik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024