Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendistribusikan logistik Pemilu 2024 ke 35 pulau terpencil, guna menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi serentak pada 14 Februari 2024.

"Pendistribusian logistik pemilu ke pulau-pulau terpencil ini dipercepat, mengingat kondisi cuaca di perairan yang tidak menentu," kata Ketua KPU Bangka Selatan Muhidin di Tobolai, Senin.

Ia mengatakan logistik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR, DPRD provinsi, kabupaten dan kota Pemilu 2024 dikawal ketat aparat kepolisian, TNI, Bawaslu dan Kantor Pos ini didistribusikan ke 35 TPS dengan rincian 23 TPS di Pulau Lepar dan 12 TPS di Pulau Pongok.

Sementara itu, logistik Pemilu 2024 yang didistribusikan di Kecamatan Pulau Pongok disalurkan ke Desa Pongok 45 kotak suara, 36 bilik suara, Desa Celagen 15 kotak dan 12 bilik suara.

Logistik pemilu di Kecamatan Pulau Lepar disalurkan ke empat desa yaitu Desa Penutuk 40 kotak suara, 32 bilik suara, Tanjung Sangkar 30 kotak dan 24 bilik suara, Desa Kumbung 15 kotak suara, 12 bilik suara dan Desa Tanjung Labu 30 kotak dan 24 bilik suara.

"Hari ini kondisi cuaca di perairan Bangka Selatan khususnya di penyeberangan dua pulau tersebut cukup aman untuk pelayaran kapal dalam mendistribusikan logistik pemilu ini," katanya.

Menurut dia berdasarkan koordinasi dengan instansi terkait, kondisi cuaca  di perairan Bangka Selatan mulai dari pukul 07.00 hingga 13.00 WIB cukup tenang, namun pukul 14.00 hingga sore berpotensi terjadi gelombang tinggi disertai angin kencang.

"Perubahan cuaca ini yang kita waspadai untuk mendistribusikan logistik pemilu ini. Jangan sampai terjadi terjadi kendala dalam mendistribusikan logistik yang akan menghambat jalannya pesta demokrasi nanti," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024