Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau semua pihak di daerah itu bersabar menunggu hasil resmi Pemilu 2024 yang dikeluarkan oleh KPU RI.

"Semua pihak hendaknya tidak terburu-buru mengambil kesimpulan hasil pemilu berdasarkan hitung cepat (quick count) yang lembaga survei sampaikan," kata Ketua PD Muhammadiyah Belitung, Turfan Amir di Tanjung Pandan, Kamis.

PD Muhammadiyah Belitung mengapresiasi partisipasi masyarakat yang tinggi dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

"Kami mengapresiasi masyarakat yang telah berpartisipasi dan menggunakan hak pilihnya dengan penuh rasa tanggungjawab di masing-masing TPS," ujarnya.

Muhammadiyah Belitung juga mengapresiasi kinerja KPU dan semua penyelenggara pemilu mulai dari tingkat pusat hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS) aparat keamanan, dan semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 sehingga berlangsung aman, tertib, dan lancar.

"Mulai dari proses pemungutan, hingga perhitungan suara," katanya.

Disampaikannya, semua pihak mulai dari partai politik, calon anggota legislatif, calon Presiden residen/Wakil Presiden, dan para pendukungnya agar bersabar menanti hasil akhir pemilu.

Dirinya juga mengajak masyarakat dan pendukung untuk menjaga situasi yang kondusif dan tetap menjaga sikap saling menghormati, dan tenggang rasa kepada pasangan calon Presiden maupun calon Wakil Presiden yang menang.

"Para pendukungnya hendaknya tidak jumawa atau angkuh dan ber euforia yang berlebihan. Bagi yang kalah, hendaknya berjiwa besar dan legowo menerima hasil pemilu," katanya.

Menurutnya, apabila ada pihak-pihak yang berkeberatan dengan hasil pemilu hendaknya menyelesaikan dengan melalui Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dan tidak dengan cara menggalang masa yang berpotensi memicu kekerasan dan konflik horizontal," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024