Sebanyak 11 orang anggota DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,  tidak menghadiri rapat paripurna dengan agenda mendengarkan pendapat Pj Bupati Belitung atas penyampaian dua rancangan peraturan daerah inisiatif DPRD setempat.

Ketua DPRD Belitung, Ansori di Tanjung Pandan, Senin mengatakan berdasarkan absensi jumlah anggota DPRD yang menghadiri rapat paripurna tersebut sebanyak 14 orang dari total 25 anggota DPRD Belitung.

"Namun jumlah anggota yang hadir tetap kuorum dan rapat paripurna tetap bisa dilaksanakan," katanya.

Menurut dia, rapat paripurna tersebut dengan agenda mendengarkan pendapat Pj Bupati Belitung atas penyampaian penjelasan dua raperda Inisiatif DPRD tentang Pemberdayaan Seniman dan Olahragawan dan raperda Penanggulangan Kemiskinan.

Ia mengatakan, alasan absen atau tidak hadirnya 11 anggota DPRD Belitung pada agenda sidang paripurna pertama yang digelar  usai pelaksanaan Pileg 2024 belum dapat diketahui secara pasti.

"Alasan tidak hadir mungkin ada hal-hal tertentu bagi mereka kita, namun dengan jumlah yang hadir tadi tetap kuorum dan rapat dilanjutkan," ujarnya. 

Ansori menyebutkan, tidak menutup kemungkinan alasan absennya anggota DPRD Belitung tersebut dikarenakan ada urusan lain seperti urusan di partai politiknya masing-masing selepas Pileg 2024.

"Karena anggota DPRD Belitung sebagian mereka memang ada juga yang menjadi bagian dari pengurus partai, mungkin lagi sedang sibuk mengawal proses penghitungan suara" katanya.

Akan tetapi, lanjut dia, agenda sidang paripurna DPRD Belitung hari ini dapat dilaksanakan dan berjalan dengan lancar meskipun tidak dihadiri 11 orang anggota DPRD.

"Sidang paripurna dapat berjalan dan penyelenggaraan pemerintah juga berjalan seperti biasa," ujarnya.

Ia mengimbau, anggota DPRD Belitung tetap bekerja secara maksimal dalam melayani masyarakat sampai berakhirnya masa jabatan September mendatang.

"Kalau kinerja harus tetap maksimal terlepas terpilih atau tidak terpilih lagi sampai September mendatang," katanya.

Berdasarkan daftar hadir Sekretariat DPRD Belitung tentang rapat paripurna penyampaian penjelasan dua raperda Inisiatif DPRD tentang Pemberdayaan Seniman dan Olahragawan dan raperda Penanggulangan Kemiskinan diketahui anggota DPRD Belitung yang tidak hadir yakni Prayitno Catur Nugroho, N.W. Krisna, Hendra Pramono, Fendi Haryono, Mahyudin, Agung MW, Sukirman, Taufik Rizani, Junaidi Derani, Amirudin Supran, dan Idrianto.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024