Badan SAR Nasional (Basarnas) Pangkalpinang melakukan penanaman bibit pohon mangrove dalam rangka memperingati HUT ke-52 di Pantai Batu Tunggal, Sungailiat Kabupaten Bangka, Selasa (20/2).

Kepala Badan SAR Nasional Babel, I Made Oka Astawa mengatakan penanaman bibit mangrove ini bentuk komitmen kami memberi perlindungan bagi ekosistem pesisir sekaligus mendukung rencana pemerintah daerah untuk menjadikan kawasan ini sebagai ekowisata mangrove agar bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan sekitar.

"Ini aksi nyata kami untuk menjaga lingkungan hidup dan menjadi momentum bahwa menjaga lingkungan hidup ini  tanggungjawab kita semua dan individu berperan aktif menjaga lingkungan agar lestari," katanya.

Ia mengatakan penanaman mangrove menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dalam upaya pelestarian lingkungan. Mangrove adalah tanaman yang tumbuh di kawasan pantai dan berfungsi sebagai benteng alami yang melindungi pantai dari erosi dan tsunami, serta tempat berlindung bagi berbagai jenis hewan laut. 

"Sayangnya, kawasan mangrove di Indonesia semakin menyusut akibat perkembangan industri dan pertanian yang semakin luas. Oleh karena itu hari ini kita laksanakan penanaman sebagai komitmen memberi perlindungan bagi ekosistem pesisir," ujarnya.

Melalui kegiatan ini Oka berharap dapat mengumpulkan sebanyak mungkin relawan yang bersemangat untuk turut serta dalam penanaman mangrove untuk menjaga lingkungan pesisir pantai sehingga hutan bakau yang ada di pesisir pantai dapat kembali lestari.

"Terimakasih kepada semua stakeholder yang berkontribusi dalam penanaman mangrove. Ini salah satu cara yang efektif dalam menjaga lingkungan hidup karena mangrove adalah tanaman yang berperan penting untuk ekosistem dan melindungi pantai dari abrasi, menjaga hewan serta tumbuhan dan menjaga kualitas air laut agar lebih baik" ujarnya.

Pejabat (Pj) Bupati Bangka, M.Haris mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan penanaman bibit mangrove ini kepada Basarnas Bangka Belitung, dan sangat mendukung kegiatan ini sebagai wujud merealisasikan program penanaman satu juta pohon yang di inisiatif oleh Pj Gubernur Babel, Safrizal ZA.

"Terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya dan kami akan menginisiasi penanaman pohon lainnya di sekitar pantai ini karena lokasi ini salah satu lokasi penanaman mangrove yang berhasil meski masih banyak yang belum ditanam," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024