Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke Pasar Pagi Kota Pangkalpinang untuk memantau kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok.

Hasil pemantauan tersebut ada kenaikan untuk beberapa bahan pokok seperti beras medium di harga Rp16 ribu sampai Rp17 ribu, cabai keriting dan cabai rawit di harga Rp94 ribu sampai Rp120 ribu per kilogram. 

Sedangkan untuk harga daging ayam masih stabil Rp32 ribu sampai Rp35 ribu per kilogram, begitu juga daging sapi yang masih stabil di harga Rp135 ribu per kilogram.

"Beras naik ini secara nasional dan kita sebagai provinsi kepulauan, beberapa distributor beras kita selalu mengambil beras dari luar, di pasar Cipinang. Tingginya permintaan ini mereka sampai rebutan untuk stok," kata Analis perdagangan Ahli Muda Disperindag Babel, Achmad Fajri bersama Tim Satgas Pangan Babel usai melakukan inspeksi dadakan (sidak) di Pasar Pagi Kota Pangkalpinang, Sabtu (24/2).

Achmad Fajri mengatakan sejak pertengahan Januari 2023 harga beras premium sudah terjadi kenaikan sehingga beberapa distributor yang ada di Babel juga ikut menaikkan harga hingga ke tingkat pengecer. 

"Di pertengahan Januari kemarin harga beras sudah di atas harga eceran tertinggi (HET) dan upaya yang kami lakukan adalah terus melakukan pemantauan harga dan stok agar tetap cukup," katanya.

Saat ini harga beras premium yang biasanya Rp15 ribu perkilogram sekarang mencapai Rp18 ribu. Selain premium, beras medium juga saat ini ada kenaikan yang dulu hanya Rp13 ribu per kilogram sekarang sudah Rp16 ribu.

"Dulu beras medium masih Rp13.500 perkilogram, sekarang sudah Rp16.000 dan premium sekarang diangka Rp18.000. Walaupun harga naik, kami pastikan stok cukup," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024