Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka, Mina mengingatkan seluruh pencinta arsip di daerah itu dapat mengelola arsip dengan benar.

"Mengelola arsip dengan benar untuk menjaga dan memelihara arsip itu supaya nantinya dapat dipergunakan kembali apabila diperlukan," kata Mina di Sungailiat, Jumat, saat acara sosialisasi SDM kearsipan.

Arsip adalah benda penting yang menjadi bukti suatu kegiatan, baik kegiatan yang bersifat pribadi maupun kegiatan organisasi. Namun banyak pihak yang masih menganggap arsip bukan sesuatu yang penting atau bahkan disepelekan sehingga tidak dikelola dengan baik.

Mina berharap dengan diselenggarakan sosialisasi SDM kearsipan dapat mengoptimalkan pelayanan publik melalui tertib administrasi dan tertib arsip, terwujudnya tata kearsipan yang mengacu ketentuan perundang undangan yang berlaku, serta terciptanya keseragaman sistem kearsipan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka.

Pejabat (Pj) Bupati Bangka M Haris mengatakan keberadaan arsip memiliki peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan berbangsa dan bernegara, serta menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pemerintahan.

"Terutama dalam perkembangan daerah saat ini, kearsipan memegang peranan yang sangat penting karena para penyelenggara pemerintahan ketika dihadapkan pada suatu persoalan, sementara hal tersebut telah lalu dan berlangsung lama, maka yang dilihat pertama kali adalah arsip dari berbagai proses dalam penyelenggaraan pemerintahan," kata dia.

Bersamaan dengan sosialisasi itu, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka meluncurkan inovasi "Bangka Ku Keren".

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024