Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggencarkan pasar murah agar masyarakat bisa mendapatkan harga pangan, khususnya beras murah menyambut Puasa Ramadhan 2024.

"Kita berharap operasi pasar ini dapat menjaga stabilitas harga beras menjelang Puasa Ramadhan ini," kata Asisten III Administrasi Umum Pemkot Pangkalpinang Agusfendi saat meninjau pasar murah Kodim 0413 Bangka di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengapresiasi Komando Distrik Militer (Kodim) 0413 Bangka yang ikut membantu Pemkot Pangkalpinang dalam menjaga stabilitas harga beras menjelang puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2024.

"Harga beras di pasar murah ini jauh lebih rendah dibanding harga pasaran, sehingga sangat membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan beras menjelang Puasa Ramadhan nanti," katanya.

Ia menyatakan harga beras medium yang ditawarkan kepada masyarakat di OP Kodim 0413 hanya Rp53.000 per kampil (satu kampil lima kilogram beras) atau jauh lebih rendah dibandingkan harga pasaran Rp85.000 per kampil.

"Kegiatan pasar murah ini terus digencarkan hingga Lebaran Idul Fitri nanti, agar masyarakat bisa mendapatkan harga pangan yang lebih rendah dari harga pasaran menjelang perayaan hari besar keagamaan ini," katanya.

Menurut dia, pemerintah kota tidak hanya menggelar operasi pasar beras, tetapi juga kebutuhan pokok lainnya seperti bawang, cabai, daging ayam, telur dan lainnya, agar masyarakat bisa melaksanakan puasa ramadhan dengan nyaman, mudah memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

"Hari ini, kami tidak hanya meninjau operasi pasar saja tetapi juga meninjau perkembangan harga pangan lainnya seperti cabai, bawang, daging ayam, ikan dan lainnya di Pasar Pembangunan Pangkalpinang yang masih cukup stabil," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024