Menyambut bulan suci Ramadhan, jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung ikuti Ceramah Keagamaan secara virtual di Balai Pengayoman Kanwil setempat, Rabu (06/03/2024).

Acara yang dilaksanakan di Sekretariat Jenderal Kemenkumham Jakarta tersebut bertema “Jadikan Bulan Ramadhan Sebagai Momentum Melatih Kesabaran, Menggapai Ketaqwaan dan Mensyukuri Nikmat-Nya dengan Saling Berbagi".

Dalam ceramahnya, Ustadz. H. Dr. Das’ad Latif menyampaikan agar jajaran Kemenkumham untuk selalu bersyukur dengan cara bersedekah dan bersabar. "Resep menghadapi hidup bahagia yaitu dengan sabar, dan puasa mengajarkan tentang  kesabaran," ujarannya.

Beliau juga menyampaikan cara untuk bertaubat di bulan suci Ramadhan, yaitu dengan banyak istighfar menjelang waktu maghrib, serta melakukan sholat sunah taubah di waktu maghrib menjelang isya.

"Mari manfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya untuk melipatgandakan pahala dan mensucikan dosa-dosa," pesannya.

Sementara itu Menteri Hukum dan HAM RI, Prof. Yasonna H. Laoly, dalam sambutannnya yang dibacakan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia (Dirjen HAM), Dhahana Putra menyampaikan jika tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM yaitu sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam melayani masyarakat dan menjadi ASN Kemenkumham yang BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).
 
Melalui implementasi BerAKHLAK diharapkan mampu menyadarkan abdi negara bahwa mereka merupakan pelayanan rakyat yang harus bekerja dengan penuh semangat dengan menerapkan tata nilai Kemenkumham yakni, PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinegri Transparan dan Inovatif.

Dirjen HAM Dhahana melanjutkan, kegiatan  ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas berbagai nikmat yang diperoleh hingga saat ini, sehingga kita bisa terus berbuat kebaikan dan beramal sholeh.

"Momen ini merupakan waktu yang tepat untuk bersilaturahmi, saling memaafkan dan mensucikan diri dari berbagi macam penyakit hati," ucapnya.

Pada kesempatan ini, Menkumham mengucapkan selamat menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan 1445H.

"Semoga Ramadhan tahun ini dapat memberikan semangat, keberkahan, serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Sehingga kedepannya jajaran Kemenkumham dapat berkontribusi memberi karya terbaik bagi bangsa dan negara," harap Yasonna.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan Anak Yatim dan Dhuafa oleh Menkumham yang diwakili oleh Direktur Jenderal HAM. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto beserta Pimpinan Tinggi Pratama dan para Kepala Unit Pelaksana Teknis turut memberikan santunan kepada para Anak Yatim dari Yayasan Panti Asuhan Al-Khoiriyah, Panti Asuhan Muara Kasih Bunda Pesantren Yayasan Baitul Rahma, dan Yayasan Anak Yatim Al-Ikhlas Pangkalpinang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung (Harun Sulianto), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Fajar Sulaeman Taman), Kepala Lapas Pangkalpinang (Badarudin), Kepala LPKA Pangkalpinang (Nana Herdiana), Kepala Lapas Perempuan Pangkalpinang (Hani Anggraeni), Kepala Bapas Pangkalpinang (Andriyas Dwi Pujoyanto), Kepala Rupbasan Pangkalpinang (M. Anwar), para Pejabat Struktural beserta seluruh pegawai Kantor Wilayah.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024