Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan lima mobil training unit (MTU) untuk memberikan pelatihan kepada pencari kerja yang ada di pelosok-pelosok desa di daerah itu.

"Mobil training unit ini digunakan untuk memberikan pelatihan kerja bagi para pencari kerja di desa yang cukup jauh sehingga mereka tidak bisa ke sini untuk mengikuti pelatihan di BLK," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didik Suprapto di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, mobil training unit tersebut nantinya akan membawa peralatan lengkap untuk pelatihan beserta dengan instrukturnya. Pelatihan yang diberikan juga harus per kelompok yakni sebanyak 16 orang.

"Nanti dalam satu desa itu akan melakukan pelatihan per kelompok misalnya sebanyak 16 orang. Waktu pelatihan tersebut tidak akan mengurangi jam kerja mereka untuk pergi ke kebun sehingga tidak mengurangi pendapatan," ujarnya.

Dikatakannya, lima MTU yang dimiliki di antaranya MTU jurusan las, otomotif dan pertukangan. Untuk saat ini, tiga mobil tersebut yang baru bisa memberikan pelatihan.

"Awal tahun tadi ada satu MTU lagi yang datang yakni motor tempel, namun untuk saat ini belum bisa digunakan untuk pelatihan karena belum disetting," katanya.

Mengenai jumlah pendaftar yang sudah berkerja, untuk sementara pihaknya belum memiliki data yang lengkap karena banyak pendaftar yang tidak melapor kembali kalau sudah bekerja.

"Perkiraan kami, mereka yang sudah bekerja baik untuk diri sendiri, gabungan maupun dengan orang lain diperkirakan mencapai 60 persen. Terkadang kami juga memagangkan mereka ke perusahaan-perusahaan yang sudah ada kerja sama dengan kami dan rata-rata mereka langsung diterima bekerja di perusahaan itu," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016