Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Bank Sumsel Babel (BSB) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk penggemukan sapi bakalan untuk Hari Raya Idul Adha 2024.

"Bantuan penggemukan sapi kurban ini, bukan bantuan pemerintah ya, melainkan KUR, “ kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA saat menyaksikan penandatanganan PKS penyaluran KUR BSB di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada BSB dan peternak sapi Jubairi atau H Badut juga menandatangani kerja sama sehubungan pengelolaan keuangan dan pelayanan jasa perbankan serta KUR penggemukan sapi bakalan untuk Hari Raya Idul Adha Tahun 2024.
 
"Saya menyambut baik kerja sama ini dan meminta agar KUR dilakukan sebaik mungkin," katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel Edi Romdhoni mendorong dan mendukung masyarakat untuk memanfaatkan KUR karena bunganya sangat terjangkau yakni hanya 6 persen.

Menurut dia biasanya para peternak mengincar sapi KUR untuk nanti dipersiapkan di Hari Raya Idul Adha, dan akan diambil 3 bulan sebelum itu. Dan jika belum diambil , maka jangka waktunya cuma diatas 2 atau 3 bulan.  

"Inti dari kerja sama ini, petani sasaran nya dan dari segala macam dinas kita akan membantu, Kami punya Penyuluh, Petani dan Kelompok Tani," katanya.

Ia menyatakan gapoktan atau poktan membantu menyeleksi semaksimal mungkin masyarakat atau anggotanya jangan sampai mereka ternyata bukan warga setempat atau bukan anggota kelompok tani setempat  dan ini yang lebih tahu Gapoktan atau Poktan di desa itu sendiri. 

"Kerja sama ini sendiri sudah berjalan pada tahun ke 4 dan jenis sapi bakalan yang di ternak untuk KUR adalah sapi Madura, sapi Bali dan Limosin," katanya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024