Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA mendorong posyandu seprovinsi itu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Peningkatan layanan kesehatan ini merupakan salah satu indikator pembangunan manusia dan perekonomian suatu bangsa," kata dia saat menghadiri pelantikan ketua pembina posyandu di kabupaten/kota se-Kepulauan Babel di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pelantikan mereka itu menjadi momentum yang baik untuk mengingatkan, bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotif dan preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.

"Posyandu ini harus fokus pada pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk imunisasi, penimbangan berat badan balita, pemberian vitamin dan penyuluhan kesehatan," katanya.

Dia mengatakan pada awalnya posyandu mulai dijalankan oleh TP PKK dan merupakan kerja sama antara petugas kesehatan setempat, ibu-ibu di desa dan masyarakat.

"Adapun tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas hidup, mengurangi angka kematian ibu dan anak, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan," katanya.

Ia berharap, ketua posyandu yang dilantik dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dapat memberdayakan masyarakat (kader posyandu) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya dalam percepatan penurunan stunting dan kematian bayi serta ibu melahirkan.

"Mari kita gerakkan masyarakat untuk meningkatkan kunjungan ke posyandu, kita galakkan budaya tersebut agar masyarakat kita semakin sehat cerdas dan berkualitas," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024