Satuan Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Polres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka klinik terapung untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat pesisir dan nelayan secara gratis di daerah itu.

Kasat Polairud Polres Bangka, IPTU Andy Hendarwanto dalam keterangan, Rabu, mengatakan layanan klinik terapung bersifat mobile guna mempermudah jangkauan layanan ke masyarakat pesisir atau nelayan.

"Klinik terapung bersifat mobile yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan dan sumber daya kesehatan, pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan di dalam dan di luar kapal," jelas dia.

Masyarakat pesisir dan nelayan, dapat melakukan pemeriksaan kesehatan seperti, tensi darah, pemeriksaan kolesterol, gula darah, asam urat dan juga pemberian obat obatan serta suplemen vitamin.

"Sebagai bentuk komitmen dan mitra kerja, kami menginginkan masyarakat pesisir dan nelayan tetap terjaga kondisi kesehatan," jelas dia.

Dia mengingatkan seluruh masyarakat pesisir dan nelayan, supaya tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan termasuk pula di lingkungan perairan.

"Segera melapor ke pos keamanan laut terdekat jika nelayan mendapati gangguan keamanan di laut atau mengetahui ada ancaman keamanan dari pihak yang tidak bertanggung jawab," ujar dia.

Kondisi keamanan di perairan laut Bangka relatif tertib dari ancaman gangguan keamanan atau pencurian ikan oleh kapal asing, termasuk pula tidak ada nelayan Bangka yang penggunaan alat tangkap trawl maupun jenis alat tangkap lain yang melanggar aturan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024