Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan penerapan "4K", sebagai strategi pemerintah daerah dalam mengendalikan inflasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Kenaikan harga pasti ada, tetapi tren kenaikan menjelang lebaran tahun ini harus di bawah lima persen," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan dalam mengendalikan harga dan inflasi menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024, Pemprov Kepulauan Babel bersama Satgas Inflasi lebih mengoptimalkan strategi "4K", yaitu keterjangkauan harga, menjaga ketersediaan pasokan, menjamin kelancaran distribusi dan meningkatkan komunikasi yang efektif instansi terkait lainnya.

"Kami meminta satgas pengendali inflasi daerah ini seperti perbankan, dinas-dinas terkait untuk memonitor ketersediaan dan permintaan kebutuhan pokok masyarakat menyambut lebaran Idul Fitri tahun ini," katanya.

Kepala Bank Indonesia Babel Rommy Sariu Tamawiwy mengatakan 4K ini harus dipegang sebagai strategi mengendalikan inflasi menyambut Hari Raya Idul Fitri 2024.

Ia mengatakan keterjangkauan harga pangan. Pj Gubernur Kepulauan Babel sudah menginstruksikan menggalakkan operasi pasar dan pasar murah untuk menekan kenaikan harga selama puasa dan lebaran idul fitri.

Selanjutnya, ketersediaan pasokan pangan. BI bersama Pemprov Kepulauan Babel selalu memantau stok dan distribusi kebutuhan pokok masyarakat agar terjaga dengan baik.

"Kepala daerah dan instansi terkait lainnya terus memantau ketersediaan dan harga berbagai kebutuhan pokok di tingkat distributor dan pedagang eceran di sejumlah pasar tradisional dan moderen," katanya.

Ia menyatakan K ketiga adalah kelancaran distribusi. Distribusi barang dari daerah produsen ke Kepulauan Babel ini harus dijaga dengan baik, sehingga berbagai kebutuhan masyarakat cepat dan tepat sampai ke masyarakat.

"K terakhir yaitu komunikasi efektif ini merupakan kunci dari semuanya. Kalau komunikasi terhalang maka akan sulit untuk mengendalikan inflasi di daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024