Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meningkatkan jumlah penyelenggaraan kegiatan wisata skala nasional dan regional untuk menambah jumlah kunjungan wisatawan ke daerah yang berada di ujung barat Pulau Bangka tersebut.

"Kami akan berupaya keras untuk bisa menarik berbagai kegiatan olah raga, seni, budaya, perkemahan pramuka skala regional dan nasional agar bisa di selenggarakan di daerah itu," kata Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Rozali di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, semakin banyak kegiatan seni, budaya, olah raga dan lainnya yang diselenggarakan di daerah itu diyakini akan mampu menjadi ajang promosi pariwisata daerah sehingga bisa dikenal di tingkat regional dan nasional.

"Dari daerah sendiri dalam waktu dekat kami bekerja sama dengan komunitas sepeda lipat akan menyelenggarakan Jambore Sepeda Lipat Nasional," katanya.

Selain kegiatan tersebut, lanjutnya, beberapa kegiatan rutin tahunan yang menggunakan anggaran daerah dan selama ini masih bersifat lokal akan dikembangkan menjadi tingkat nasional.

Ia mencontohkan, lomba lintas alam Bukit Menumbing yang selama ini masih skala lokal, mulai tahun ini akan ditingkatkan menjadi skala nasional sehingga bisa diikuti peserta dari dalam dan luar daerah.

"Masih ada agenda lain yang coba kami tingkatkan skalanya agar semakin banyak orang datang ke Bangka Barat dan menikmati berbagai objek wisata yang ada di daerah itu," katanya.

Ia mengatakan, selain objek wisata sejarah yang ada di Kota Pusaka Muntok, daerah itu juga memiliki beberapa objek wisata pantai yang keindahannya tidak kalah dari daerah lain.

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya memberikan kenyamanan bagi para wisatawan dengan meningkatkan berbagai infrastruktur pendukung baik dari sisi akses jalan maupun sarana dan prasarana di lokasi wisata.

"Kami berharap pola menarik semakin banyak kegiatan wisata, olah raga, seni dan budaya skala regional dan nasional akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisata dan bisa tinggal lebih lama di Bangka Barat," ujarnya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016