Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar konsolidasi media dalam rangka penguatan pemberitaan pada tahapan pemilihan serentak tahun 2024.

Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar, Sabtu (23/3) mengatakan, kegiatan konsolidasi ini salah satu agenda Bawaslu RI. Bawaslu Bangka Belitung ditunjuk sebagai tuan rumah, dimana sebelumnya Bawaslu Babel dapat penghargaan untuk pemberitaan dan humas dari Bawaslu RI.

"Berhasilnya kami meraih tiga penghargaan dari Bawaslu RI sehingga kami terus menjaga trust kami dengan kegiatan-kegiatan yang tidak monoton seperti penguatan dan pendidikan politik," ujarnya.

Em Osykar memastikan Bawaslu Babel tidak pernah menutup informasi apapun  terkait pengawasan dan hal lainnya, bahkan Bawaslu Babel terus mengupdate pemberitaan terbaru ke teman-teman media.

Berdasarkan data Bawaslu RI, sampai Desember 2023, pemberitaan external dan internal terkait Bawaslu Babel ada 508 berita dari 826 berita atau 56 persen yang dipublikasikan di media online, cetak dan elektronik.

"Kami tidak pernah menjust media bagus atau tidak bagusnya karena semua media bagus, namun hanya pengemasannya saja yang berbeda," ujarnya.

Ia juga berharap meski sudah ada media yang dipegang oleh calon-calon pada pemilihan serentak, namun media harus tetap netral dalam memberitakan karena masyarakat berhak mengetahui semua informasi dalam pemilihan serentak 2024. 

"Kami yakin pemberitaan yang dikeluarkan tidak hanya isu atau barang mentah tapi terus diolah sehingga kami harap dapat memasuki tahapan serentak kerjasama ini dengan kerjasama yang baik bersama media," ujarnya.

Humas Bawaslu RI, Fahdil Fitra Handianata selaku Panitia Konsolidasi mengatakan kegiatan ini bermaksud untuk menjaga integritas proses demokrasi yang bersifat objektif, akurat dan tidak dipengaruhi kepentingan politik tertentu.

"Selain itu dengan konsolidasi ini terbentuk kerjasama yang erat antar Bawaslu dan media massa sekaligus agar tidak ada penyebaran pemberitaan hoaks di pemilihan serentak tahun ini," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024